Logo Universitas Gunadarma

Minggu, 13 Juni 2010

Ribuan Orang Bersihkan Kali Bekasi

Bekasi (ANTARA News) - Sepanjang kurang lebih 10 Km Kali Bekasi mulai dari jembatan Bojong Menteng hingga bendung akan dibersihkan oleh ribuan orang berasal dari aparat TNI, polri, pramuka, LSM dan mahasiswa pada Kamis (10/6) dari sampah organik dan non organik.

"Kegiatan pembersihan dilakukan dengan memungut berbagai sampah dengan perahu serta dari sisi kiri dan kanan kali agar aliran air jadi lancar serta kali jadi bersih," kata kepala Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Dudy Setyabudhi, di Bekasi, Rabu.

Kondisi kali Bekasi terus mengalami pendangkalan akibat endapan lumpur, sampah, ranting pohon serta sedimentasi hingga kegiatan bersih-bersih sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tampung air.

Dalam melakukan pembersihan aparat membawa plastik dan karung menggunakan perahu. Mereka memungut sampah atau untuk sampah ukuran besar dan berat menepikan dan selanjutnya diangkat oleh warga yang berada dipinggiran kali.

Sampah yang dibuang warga atau terbawa arus ke Kali Bekasi jumlahnya cukup besar. Sebagian sampah ketika sampai di bendung di angkut namun lainnya banyak yang tenggelam didasar sungai.

"Kita juga akan membersihkan sungai dari bangkai binatang serta ranting yang mengganggu aliran air. Kegiatan ini dikaitkan dengan hari lingkungan hidup," ujarnya.

Sumber : http://www.antaranews.com/berita/1276054979/ribuan-orang-bersihkan-kali-bekasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar