Logo Universitas Gunadarma

Senin, 31 Mei 2010

Sel Otak Berfungsi Alirkan Gumpalan Darah?


Ellyzar Zachra PB

http://inilah.com/data/berita/foto/565231.jpg


(IST)

INILAH.COM, Jakarta - Peneliti menemukan cara bagaimana pembuluh darah yang kecil mampu menghapus pembekuan darah dari otak pada tikus.

Penemuan ini diharapkan dapat membantu para peneliti memahami lebih baik bagaimana mengobati penderita alzheimer dan stroke.

Menghapus gumpalan dan penyumbatan lainnya di otak begitu penting untuk memungkinkan darah mengalir tanpa gangguan, di mana penyumbatan dapat sebabkan kurangnya oksigen dan mengganggu jalur komunikasi antarsel saraf sehingga menyebabkan kematian sel tersebut.

Dalam studi terbaru ini, peneliti asal Northwestern University Feinberg School of Medicine menggunakan teknologi scanning untuk memeriksa pembuluh darah kecil, yang dikenal sebagai microvessle di otak tikus. Mereka menemukan bahwa sel pada dinding pembuluh memperbaiki darah yang tersumbat hingga mengalir dengan menyegel penyumbatan dan memindahkannya.

Pembuluh darah pada tikus yang lebih tua tampaknya tidak mudah memindahkan penyumbatan pada otak.

“Pengurangan efisiensi dari mekanisme proteksi pada otak yang lebih tua dan ini efek dari fungsi sel saraf pada otak mungkin secara signifikan berkontribusi pada penurunan kognitif yang berhubungan denan tingkat usia,” kata peneliti Suzanna Petanceska, dari divisi neuroscience, National Insititute of Aging, yang mendanai penelitian ini.

“Ini mungkin juga menjadi bagian dari mekanisme di mana faktor risiko vaskular seperti tekanan darah tinggi dan diabetes meningkatkan risiko penyakit Alzheimer pada usia tertentu,” kata Petancesca.

Website : http://inilah.com/news/read/gaya-hidup/2010/05/30/565231/sel-otak-berfungsi-alirkan-gumpalan-darah/

1 komentar: